Senin, 19 September 2011

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

Menggunakan Komputer dengan posisi yang benar
1.Penyakit akibat bekerja denga komputer










Macam-Macam Penyakit Akibat Penggunaan Komputer
A. Stres
Bekerja menggunakan komputer dapat
menimbulkan stres. Stres yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan komputer tidak memiliki perbedaan dengan tipe stres yang ada didalam kehidupan. Seperti yang telah ditemukan The National Institut of Occupational Safety and Health (NIOSH), menemukan bahwa operator komputer mengalami stress pekerjaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja lain.
B. Gangguan Muskuloskeletal
Gangguan Muskuloskeletal yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer mulai dari kelemahan otot dan tendon atau nyeri leher dan punggung sampai dengan trauma yang kumulatif. Trauma kumulatif ini berhubungan dengan terdapatnya gerakan yang berulang secara terus menerus untuk waktu yang lama yang disebut sebagai Repetitive Strain Injury (RSI). Penyebab gangguan musculoskeletal ini antara lain postur tubuh yang tidak sesuai terjadi terus menerus saat menggunakan komputer, penyokongan punggung yang tidak sesuai, duduk dengan posisi yang sama dengan jangka waktu yang lama dan desain ergonomik yang buruk. Repetitive Strain Injury (RSI) terjadi karena gerakan fisik yang berulang-ulang menyebabkan kerusakanpada tendon, saraf, oto dan jaringan lainnya. Peningkatan penggunaan komputer dengan kecepatan yang tinggi dalam mengetik menyebabkan cedera pads tangan, lengan, dan bahu. Yang termasuk dalam RSI antara lain sakit 1 eher, nyeri punggung, Carpal Tunnel Syndrome, DeQuervains Tenosynovitis, Thorscic Outlet Syndrome, Shoulder Impingement Syndrome, dan tennis Elbow.
2.Posisi duduk













Berikut beberapa tips agar posisi duduk ketika bekerja di depan komputer agar lebih ergonomis dan nyaman sehingga bebas dari rasa sakit pinggang dan sakit lainnya :
1.Gunakan kursi yang berkaki banyak, misalnya kaki lima. Ini berfungsi untuk menjaga stabilitas dudukan dan keseimbangan badan.
2.Pastikan kursi anda berada di atas karpet atau alas yang tidak licin sehingga tidak goyang.
3.Disamping menggunakan kursi yang berkaki lima, sebaiknya gunakan kursi yang dapat memutar sehingga pekerjaan “ mobile “ anda akan lebih mudah.
a.mengatur dan memilih meja komputer
~Memiliki ruang yang cukup untuk lengan
~Memiliki ketinggian yang sesuai
~Memiliki ukuratr yang cukup untuk meletakan komputer dan dokumen
 b.mengaturdan memilih kursi
- Menyokong punggung
- Dapat disesuaikan untuk memperoleh posisi yang sebenarnya dan memiliki kemiringan yang dapat menyokong punggung
- Ketinggian kursi dapat disesuaikan ketika pengguna berada dalam posisi duduk
- Disokong oleh lima kaki
- Dapat dipindahkan dengan mudah
- Memiliki bentuk yang dapat mendistribusikan berat badan
3.Monitor dan jarak pandang dengan mata











* Berada diketinggian yang sama dan berdampingan dengan tempat arsip
* Berjarak; 18 — 24 inchi dari wajah pengguna
* Dapat dimiringkan dan dinaikkan

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels